Pohon Cendana yang Menghasilkan Wangi Tahan Lama

Cendana adalah sebuah pohon yang menghasilkan minyak atsiri dan kayu. Pohon ini diubah menjadi banyak komoditas dan kayu cendana yang baik akan mengeluarkan wangi yang khas dan tajam. Wangi ini akan bertahan dalam waktu yang sangat lama dan menjadi sebuah komoditi yang besar jika ditangani dengan baik. Pohon kayu cendana merupakan tumbuhan asli Indonesia yang berasal dari sebelah Tenggara Indonesia tepatnya busur luar Banda. Sejak penemuannya oleh Belanda dan Portugis pohon ini telah diangkut dan dicoba dikembangkan di berbagai daerah.

Pohon ini Cendana merupakan sebuah jenis pohon yang sangat unik. Pada tahap awal pertumbuhan, pohon ini akan tumbuh seperti semak belukar. Hidupnya parasit bergantung pada tumbuhan lain. Setelah cukup dewasa baru pohon ini akan tumbuh lebih tinggi dan ukuran batang bisa mencapai 15m. walaupun demikian pohon cendana tidak memiliki daun yang cukup rimbun sehingga mungkin penampilannya bisa dianggap tidak menarik.

Pohon cendana wangi saat ini sudah sangat langka dan harganya sangat mahal. Pohon ini akan menghasilkan wangi cendana yang lebih kuat dan lebih tahan lama. Sebagai alternatif jenis cendana lain digunakan sebagai penghasil minyak atsiri sehingga sampai saat ini produksi minyak atsiri memang tidak terlalu banyak tapi semakin menurun akibat kelangkaan bahan. Pohon cendana pada dasarnya memiliki dua jenis yaitu cendana putih dan merah tapi cendana putih lebih digemari. Artikel 80 РPohon Cendana