Tes TOEFL di UGM

Test of English as a Foreign Languange atau yang populer disebut dengan TOEFL merupakan salah tes kemampuan berbahasa Inggris dengan logat Amerika yang saat ini banyak sekali dibutuhkan. Iya pasalnya setiap peserta yang mengikuti TOEFL akan mendapatkan sertifikat yang di dalamnya tertera skor dari hasil TOEFL tersebut. Iya sertifikat TOEFL saat ini sangat bermanfaat untuk masuk ke Universitas ternama seperti Universitas Gajah Mada, melanjutkan pendidikan ke luar negeri, mengikuti program beasiswa, hingga sebagai persyaratan untuk bekerja di posisi  perusahaan. Semakin tinggi skor yang diperoleh dalam TOEFL tentunya akan semakin luas pula kesempatan untuk mendapatkan posisi yang diinginkan.

Namun untuk mendapatkan skor yang tinggi pada tes TOEFL bukanlah hal yang mudah, pasalnya memang berlu banyak belajar serta persiapan yang matang. Bahkan jika perlu dapat mengikuti program-program pembelajaran di lembaga kursus sehingga pembelajaran TOEFL bisa berjalan dengan maksimal. Iya memang untuk mengerjakan soal-soal TOEFL yang terdiri dari sejumlah soal tentunya diperlukan penguasaan materi yang baik.

Pada umumnya sejumlah soal TOEFL dibagi menjadi empat sesi yakni sesi listening, sesi structure, sesi writing, dan reading. Pada sesi listening peserta akan diuji kemampuannya dalam mendegarkan serta menangkap maksud dari sebuah percakapan atau informasi berbahasa Inggris dari native speaker. Pada umumnya tedapat beberapa materi yang menjadi pertanyaan mulai dari ide utama, implikasi, informasi, tujuan pembicara, dan sebagainya.

Pada bagian structure akan lebih mengarah pada uji keterampilan grammar atau tata bahasa Inggris. Pada bagian ini Anda akan dihadapkan pada soal-soal yang jawabannya hampir benar semua namu Anda dituntut untuk memilih jawaban yang lebih benar. Bagian ini menjadi salah satu bagian TOEFL yang paling rumit. Selanjutnya bagian writing merupakan uji kemampuan Anda dalam menulis bahasa Inggris dalam bentuk essay yakni seputar pendapat, opini, dan sebagainya dari topik bacaan yang telah disediakan. Selanjutnya pada bagian reading peserta dituntut untuk terampil dalam membaca serta memahami isi bacaan.

Ikuti Tes TOEFL di UGM

Saat ini banyak sekali lembaga kursus yang menawarkan program terbaik untuk TOEFL salah satunya adalah Universitas Gajah Mada atau yang lebih dikenal dengan UGM. Tidak hanya sebagai lembaga kursus, UGM juga menyediakan tes TOEFL yang bisa diikuti. Adapun salah satu fakultas yang menyediakan layanan tersebut adalah fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) di UGM.

Iya Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM menawarkan pelatiha atau kursus untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris atau English Proficiency Course dengan melalui P2EB atau yang disebut Economics dan Bussines Research and Development Agency. P2EB FEB UGM yang didirikan pada tahun 2010 ini memiliki tujuan yakni untuk mendukung pertumbuhan institusi swasta dan publik dengan memberikan penelitian, pelatihan, serta layanan konsultasi.

Perlu diketahui bahwa P2EB aalh gabuan tiga pusat penelitian dan pelatihan di FEB UGM yang memiliki basis klien yang kuat mulai dari sektor swasta dan publik, instans pemerintah, bahkan hingga internasional. Adanya penggabungan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengeksploitasi sinergi diantara tiga pusat yang kuat sehingga nantinya akan memungkinkan badan baru yakni P2EB guna melayani klien yang lebih efektif dan efisien.

Nah di P2EB ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi layanan salah satunya adalah kursus bahasa Ingris. Disini terdapat banyak program yang bisa dipilih mulai dari English Regular Course, English Profiency Test, dan sebagainya. Disini Anda juga dapat mengikuti tes TOEFL denga ketentuan sesuai dengan kebijakan yang berlaku

Syarat untuk Mendaftar Tes TOEFL di UGM

Sebagai salah satu kampus terbesar di Indonesia, UGM melalui P2EB FEB  hadir memberikan pelayanan terbaik salah satunya adalah kursus bahasa Inggris. Selain mendapatkan bimbingan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, disini Anda juga bisa mengikuti tes TOEFL bersertifikat yang tentunya sangat bermanfaat untuk memperluas peluang Anda baik di dunia pendidikan maupun dunia kerja. Nah untuk mengikuti TOEFL di UGM, berikut adalah beberapa syarat pendaftaran:

  • Calon peserta dapat mengisi formulir pendaftaran pada website resmi.
  • Calon peserta diharuskan membayar biaya tes ke UGM. Untuk metode pembayarannya Anda bisa langsung melihat di situs resmi UGM.
  • Setelah membayar, calon peseta dapat mengirimkan beberapa dokumen yang meliputi scan bukti transfer pembayaran, scan identitas berupa KTP, SIM, atau paspor ke email [email protected]
  • Adapun biaya yang telah dibayarkan hanya berlaku untuk mengikuti tes pada jadwal yang telah ditentukan oleh pihak P2EB FEB UGM.
  • Calon peserta yang berhalangan hadir tidak dapat meminta kembali biaya tes yang telah dibayarkan. Dalam hal ini calon peserta tes yang berhalangan hadir dapat menyampaikan pemberiahuan paling lambat 14 hari sebelum tanggal tes guna mengikuti jadwal tes pada periode berikutnya.
  • Pendaftaran tes akan ditutup ketika kuota telah penuh.
  • Adapun pengambilan hasil TOEFL dapat diwakilkan dengan syarat membawa surat kuasa bermaterai 6000.
  • Pada saat hari tes, peserta diharapkan datandi tempat tes sesuai dengan yang telah ditentukan paling lambat 15 menit sebelum tes TOEFL berlangsung dan melapor pada supervisor tes.
  • Peserta diharapkan menunjukkan formulir pendaftaran dan juga kartu identitas yang masih berlaku untuk kemudian peserta menandatangi daftar hadir yang telah disediakan.